Latest News

RESEP AYAM PANGGANG KLATEN



AYAM PANGGANG KLATEN .Pada kesempatan  ini Dapurku-123   akan memberikan resep tentang cara memanggang ayam  ala rumah makan  Klaten yang sudah sangat familier , Karena ayam panggang Klaten kayaknya sudah tersebar di mana- mana,Hampir setiap kota yang ada di Indonesia pasti ada ayam pangang atau sop atau apalah ala klaten.

                           



Langsung saja saya berikan resep ayam panggang  klaten di bawah ini:

Bahan –bahannya :

 1 ekor ayam yang gemuk

Bumbu-bumbunya antara lain:

1.     6 sendok makan  bawang merah
2.      2 sendok makam bawang putih
3.     1 batang serei
4.     3 lembar daun salam
5.     1setengah  butir kelapa
6.     10 biji kemiri
7.     2 sendok the ketumbar
8.     2 ruas jari laos
9.     1 sendok makan garam
10.                    1 sendok gula merah.

  Cara membuatnya ;

    Daging ayam dibersihkan  kemudian di cuci dan dipotong menjadi empat bagaian,lalu kelapa di parut diambil santannya yang kental, kemudian haluskan semua bumbu dengan di uleg  kecuali  daun salam, laos, dan serei.

    Rebus daun salam  dan bumbu yang telah dihaluskan , masukan laos dan serei, dan rebus sampai berminyak ,lalu masukan daging ayam yang telah dipotong dan biarkan sampai lunak dan bumbunya meresap .kalau bumbunya sudah hampir habis , daging ayam angkat ,tusuk japit dengan tusuk bumbu dan lumuri dengan sisi bumbu.

    Kemudian panggang sampai warna daging ayam menjadi kuning kecoklat- coklatan, angkat dan pindahkan ke piring sajian daging ,dan ayam panggang klaten siap di hidangkan.


Demikian resep ayam panggang klaten ,selamat mencoba..



0 Response to "RESEP AYAM PANGGANG KLATEN"