Latest News

RESEP AYAM BUMBU SATE



   Pada kesempatan ini  dapurku-123 akan memberikan resep yang tak kalah lezat dari resep sebelumnya yaitu  Ayam Bumbu Sate .Berikut ini resep yang akan saya bagikan :


                        




Bahan – bahannya :

  1 ekor ayam yang gemuk  ( 1300gr).
   3 sendok makan minyak goring
   500cc santan kental

Bumbu –bumbunya :

1.     6 siung bawang merah
2.     3 siung bawang putih
3.     4 buah cabai merah
4.      1 ruas jahe
5.      1 potong lengkuas
6.     ½ ruas kunyit
7.     1 batang serei
8.      150gr kacang tanah sangrai dan telah halus
9.     2 sendok makan jeruk nipis
10.                  2 sendok makan bawang goring
11.                 Garam secukupnya


  Cara membuatnya :

   Bersih kan daging ayam kemudian potong –potong menjadi  12 bagaian atau sesuai selera,kemudian cuci bersih potongan daging ayam dengan air bersih.Lalu haluskan bumbunya yaitu : bawang merah, bawang putih,cabe merah,kunyit ,daun bawang serei,dan garam.Untuk jahe dan lengkuas ambil airnya dengan cara digebrak sedikit hancur .

    Tumis bumbu –bumbu yang telah dihaluskan dengan  3 sendok makan minyak goreng, masukan juga jahe dan lengkuas , lalu masukan daging ayam yang telah dipotong kedalam tumisnya dan bolak –balik agar merata .selanjutnya diamkan beberapa menit agar bumbu meresap , lalu tambahkan  500cc santan kental dan kemudian  masukkan  150 gram kacang tanah yang telah di sangrai  dan dihaluskan. Bubuhkan garam secukupnya  lalu juga 2 sendok makan air jeruk nipis, lalu didihkan selanjutnya kecilkan api dan masaklah sampai saus mengental dan berminyak. Setelah selesai pindahkan ke piring saji dan hidangkan dengan ditaburi bawang goreng.

Demikian resep  ayam bumbu sate . semoga bermanfaat.


Selamat mencoba..


0 Response to "RESEP AYAM BUMBU SATE "