Latest News

RESEP MEMBUAT ONDE –ONDE KACANG MERAH



RESEP MEMBUAT ONDE-ONDE KACANG MERAH, Pada kesempatan kali ini dapurku-123  akan membagikan resep membuat jajanan dari ketan yang sudah familier ditelinga pembaca yaitu onde-onde kacang merah. Bahan –bahan yang dibutuhkan tertera dibawah ini:







Bahan kulitnya :

1.     500 gram tepung ketan
2.      460 cc air
3.      60 gram gula pasir
4.      1 sdm tepung kanji
5.      160 gram minyak wijen
6.      Minyak untuk menggoreng
  Bahan isi kacang merahnya:
1.     400 gram kacang merah
2.      150 gram gula pasir
3.      60 cc air
4.      2 sdm tepung ketan
5.      ¼ sdt vanili
6.      ¼ sdt garam


Cara membuatnya:

Untuk kulitnya : larutkan tepung kanji dengan air , gula pasir dan garam aduk –aduk merata  kemudian rebus hingga mendidih ,selagi masih panas  masukkan kedalam tepung ketan dan di uleni sampai kalis /tercampur merata dan selanjutnya timbang masing –masing seberat 20 gram.

Untuk isinya : rendam kacang merah selama 3 jamlalu kukus / rebus dan haluskan lalu campura semua bahan isi dan masak dalam wajan hingga kalis /merata lalu angkat dan dinginkan.

Membuat onde-onde nya : bulatkan adonan kulit lalu pipihkan ,isi dengan bahan isiandan tutup bulatkan kembali lalu celupkan bulatan dalam air dan gulingkan diatas biji wijensampai permukaan tertutup biji wijen ,lalkukan berulang sampai adonan habis. Lalu goreng dalam minyak yang banyak sampai matang berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan sajikan selagi hangat.


Demikian resep membuat onde –onde kacang merah dari dapurku-123. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 Response to "RESEP MEMBUAT ONDE –ONDE KACANG MERAH"