Latest News

RESEP PEPES IKAN MAS


PEPES IKAN MAS .Pada kesempatan ini dapurku-123  akan memberikan resep tentang masakan ikan mas yang popular  , yaitu pepes ikan mas . nama lainnya adalah botok atau lintingan (jawa timur) .Untuk selanjutnya langsung aja simak berikut ini.

                    



Bahan –bahannya :

1.     ½ kg ikan mas
2.     Daun pisang beberapa lembar.


Bumbu – bumbnya

1.     6 sendok makan cabe merah
2.     4 buah cabe rawit
3.     4 buah kemiri
4.     ½ sendok makan terasi
5.     1 sendok teh garam
6.     1 sendok the air asam


Cara membuatnya :

    Ikan mas dibersihkan , di cuci , di kerat-kerat  agar nantinya  bumbu dapat masuk kedalam atau dapat juga dibiarkan utuh. Kemudian  semua bumbu dihaluskan dengan di tumbuk atau di uleg ,lalu tambahkan air asam .Campur ikan mas yang telah dibersihkan dengan bumbu ,bolak balik agar merata ,kemudian dibungkus dengan daun pisang (pepes) dan sematkan lidi pada kedua ujung nya agar  bumbu rapat dan tidak tumpah.

    Masukan ke oven atau panci , untuk dikukus sampai masak dengan api sedang kira-kira kurang lebih ½ jam.Setelah masak angkat pepes ikan mas dan letakkan  dalam wajan besi atau tutup panci,lalu panggang diatas api sedang sampai tak mengeluarkan air lagi.Setelah itu angkat dan potong kedua ujung pepesan dengan rapi dan pindahkan ke piring daging untuk dihidangkan .

Demikian resep Pepes ikan Mas ,ala dapurku-123 dan selamat mencoba..




0 Response to "RESEP PEPES IKAN MAS"